Web Development

Pengertian Website Berdasarkan Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Website Berdasarkan Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Website, siapa yang tak mengenal salah satu produk dari kecanggihan teknologi ini. Website menjadi tempat dimana Anda bisa mendapatkan informasi tentang apapun. Belakangan, website sudah berkembang fungsinya sebagai sarana dan media untuk menjalankan bisnis.

Secara umum pengertian website bisa diartikan sebagai halaman yang berisi informasi berupa tulisan, gambar, video, maupun suara yang dapat diakses oleh banyak orang secara online melalui internet.

Bagi pengguna internet, istilah website tentu bukan hal yang asing lagi. Search engine seperti Google, Bing, Yahoo, hingga media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Sebagian orang masih belum memiliki website karena keterbatasan keahlian dalam pembuatan website dan sedangkan sebagian besar lain disebabkan karena belum mengetahui fungsi serta manfaat website itu sendiri.

 

Jenis Website Berdasarkan Media Penyimpanan Datanya

Berdasarkan media penyimpanan datanya, website dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu website statis dan website dinamis.

Website Statis

Website yang menampilkan informasi secara statis / tidak berubah, dimana data ditulis, disimpan dan ditampilkan dalam halaman yang sama. Apabila informasi yang ditampilkan ada perubahan, perlu dilakukan perubahan script pada website secara manual oleh web developer.

Kelebihan website statis
  • Cepat dalam development / pengembangan
  • Ukuran website relatif kecil
Kekurangan website statis
  • Proses perubahan informasi  website yang merepotkan
  • Membutuhkan web developer untuk melakukan perubahan informasi 
  • Informasi website yang usang
  • Pengunjung tidak dapat berinteraksi dengan pemilik website
Website statis cocok untuk
  • Website yang jarang melakukan perubahan informasi

 

Website Dinamis

Website yang menampilkan informasi secara dinamis / dapat berubah-ubah (ditambah, diedit atau dihapus), dimana data ditulis dan disimpan ke dalam database pada server. Sehingga perubahan tidak perlu dilakukan dengan mengganti script pada website, hanya perlu mengakses halaman khusus yang biasa dikenal dengan halaman administrator untuk melakukan pengolahan data untuk menampilkan informasi yang diinginkan.

Kelebihan website dinamis
  • Update informasi mudah melalui halaman administrator
  • Pengunjung dapat berinteraksi dengan pemilik website
Kekurangan website dinamis
  • Waktu development / pengembangan relatif lama
Website dinamis cocok untuk
  • Website dengan fitur kompleks

 

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Secara umum website berdasarkan fungsinya di kelompokan menjadi beberapa jenis, seperti:

Search Engine

Website ini memiliki fungsi sebagai pencari atas semua situs yang ada dan terdaftar di internet, dengan cara memilih website yang dibutuhkan kata kunci yang dimasukkan.

Website ini memberikan manfaat sebagai suatu fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi dan pengetahuan yang ada di internet. Memudahkan dan mempercepat mendapatkan informasi – informasi yang bersifat umum maupun khusus.

Company Profile

Website ini berfungsi menampilkan profil perusahaan berupa informasi bisnis seperti produk atau jasa, visi misi dan halaman kontak. Manfaat website ini dapat membangun citra perusahaan untuk menarik kepercayaan calon konsumen dalam menggunakan produk ataupun jasanya.

News Portal

Website ini menyajikan informasi paling update dan terbaru dari berita kejadian, politik, opini dan sebagainya. Pada dasarnya website ini sama halnya koran namun disajikan dalam bentuk digital. Website ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan update berita terbaru.

E-Commerce

Trend bisnis online membuat website yang berfungsi sebagai sarana bisnis kian menjamur. Konsep dasar dari website ini sebenarnya hampir sama seperti toko-toko pada umumnya, namun dalam bentuk virtual. Konsumen atau pengunjung akan mendapatkan informasi tentang produk mulai dari tampilan, spesifikasi hingga harga. Website ini memudahkan pengguna atau konsumen dalam melakukan transaksi pembelian produk, karena tersedianya fitur berbelanja seperti fitur memilih, membeli, membayar hingga mengetahui status pesanan.

Government

Website resmi milik pemerintah lokal, negara bagian, departemen pemerintahan atau pemerintahan nasional suatu negara. Biasanya website resmi ini juga mengoperasikan website lainnya yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu daerah berikut dengan peraturan-peraturan di dalamnya. Website ini memudahkan pengguna terutama wisatawan lokal maupun asing dalam mendapatkan informasi dari suatu daerah baik mengenai profil daerah, sejarah, destinasi wisata dan informasi umum lainnya.

Network dan Sosial Media

Website ini berfungsi untuk menjalin relasi atau pertemanan. Pengguna dapat membagikan atau menciptakan isi konten di laman mereka sendiri. Fitur lain yang menarik dari website ini adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi dengan pengguna lain yang juga terdaftar di dalam website tersebut.

Blog

Website ini biasanya menampilkan tulisan maupun ide-ide yang fungsinya bisa untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan publikasi. Karena bersifat gratism blog juga banyak diminati oleh pengguna internet. Tampilannya yang bervariasi dan menarik membuat banyak orang yang tertarik menggunakan salah satu jenis website ini. Tidak hanya penulis amatir atau yang menjadikan menulis sebagai hobi saja yang menggunakan blog sebagai media, banyak profesional juga memanfaatkan fungsi website ini. Tak jarang beberapa orang juga bisa mendapatkan bayaran dengan menulis di blog.

Multimedia

Website ini berfungsi menyediakan berbagai fasilitas yang berkaitan dengan multimedia, baik untuk menonton, mendengarkan maupun mengunduh. Website multimedia ini tidak hanya yang berkaitan dengan video, seperti Youtube atau website download film saja, namun juga yang berkaitan dengan musik atau sejenisnya. Dengan begitu bisa memilih mengakses website yang dibutuhkan.