Web Development

Ukuran Penyimpanan untuk Tipe Data Text pada MySQL

Ukuran Penyimpanan untuk Tipe Data Text pada MySQL

Tipe data TEXT berguna untuk penyimpanan berupa string text bentuk panjang dalam database MySQL. Secara umum digunakan untuk penyimpanan berupa deskripsi, ringkasan atau sebuah artikel pada halaman website dan tidak dirancang untuk penyimpanan nilai perhitungan. Tipe data TEXT paling baik digunakan ketika tipe VARCHAR dan tipe data berbasis string lainnya tidak cukup untuk menangani penyimpanan jumlah informasi yang diinginkan.

Tipe data TEXT berbeda dengan tipe data lainnya dari panjang penyimpanan, tidak stripping byte dan tidak menggunakan ruang karakter yang tidak digunakan untuk penyimpanan yang efisien. Karena tidak disimpan dalam memori server, mereka memerlukan overhead data untuk retrieval. Ukuran berikut menganggap database menggunakan pengkodean UTF-8.

TINYTEXT: 255 karakter – 255 B

Tipe data TINYTEXT adalah yang terkecil dari keluarga TEXT dan dibangun untuk secara efisien menyimpan string informasi singkat. Tipe ini dapat menyimpan hingga 255 byte (dinyatakan sebagai 2^8–1) atau 255 karakter dan memerlukan overhead 1 byte. Tipe ini dapat digunakan untuk menyimpan hal – hal pendek seperti ringkasan pendek, tautan URL dan objek pendek lainnya. TINYTEXT di atas dari VARCHAR saat penyimpanan data yang dibawah 255 karakter dengan panjang yang tidak konsisten dan tidak perlu digunakan kriteria penyortiran.

TEXT: 65.535 karakter – 64 KB

Tipe data TEXT standar cukup mampu menangani konten teks bentuk panjang yang khas. Tipe data ini dapat menyimpan hingga 64 KB (dinyatakan sebagai 2^16–1) atau 65.535 karakter dan memerlukan overhead 2 byte. Cukup besar untuk menampung teks untuk sesuatu seperti artikel, tetapi tidak cukup untuk menampung teks dari seluruh buku.

MEDIUMTEXT: 16.777.215 karakter – 16 MB

Tipe data MEDIUMTEXT berguna untuk menyimpan teks yang lebih besar seperti laporan resmi, buku dan backup kode. Tipe data ini dapat menyimpan sebesar 16 MB (dinyatakan sebagai 2^24–1) atau 16.777.215 karakter dan memerlukan 3 byte penyimpanan overload.

LONGTEXT: 4.294.967.295 karakter – 4 GB

Tipe data LONGTEXT dalah untuk digunakan dalam kasus penggunaan penyimpanan teks yang ekstrim. Ini adalah opsi yang layak tetika tipe data MEDIUMTEXT tidak cukup besar. Program dan aplikasi komputer sering kali mencapai panjang teks dalam rentang LONGTEXT. Tipe data ini dapat menyimpan sebesar 4 GB (dinyatakan sebagai 2^32–1) dan menyimpan hingga 4.294.967.295 karakter dengan 4 byte penyimpanan overload.

Tipe data TEXT memerlukan panjang awalan indeks dan tidak dapat memiliki nilai DEFAULT. Mengaktifkan strict SQL akan memberlakukan panjang karakter maksimum dan memotong semua data yang dimasukan ketika melebihi batas itu.

Perlunya diperhatikan perkiraan ukuran berdasarkan jumlah kata: asumsikan rata – rata kata adalah 4 – 5 huruf dan membutuhkan 1 karakter ekstra untuk spasi. Contoh: Website yang terdiri dari 500 kata artikel akan menggunakan sekitar 2.750 karakter rata – rata untuk data teks artikel. Kapasitas 255 karakter TINYTEXT tidak cukup untuk kasus ini, penentuan penggunaan TEXT dapat dipilih untuk mencapai penyimpanan kata artikel tersebut.